Kontribusi Koperasi Terhadap Pertumbuhan Perekonomian Indonesia



Menurut Pendapat Anda apakah koperasi dapat memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia?


Menurut saya, Koperasi dapat memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perekonomian Indonesia apabila dilaksanakan, dikembangkan dan dipelihara keberadaannya. Koperasi sangat penting terutama bagi perekonomian masyarakat di tingkat dasar seperti petani, nelayan, dan peternak. Banyak para petani, nelayan dan peternak yang mengalami kesulitan akibat kekurangan modal sehingga banyak dari mereka yang terpaksa berhutang kepada rentenir dengan bunga yang tinggi atau kepada tengkulak yang membeli hasil panen mereka dengan harga murah, hal itu semakin membuat mereka mnderita. Kondisi tersebut membuat kebanyakan dari mereka meninggalkan profesinya dan lebih memiih untuk mencari pekerjaan ke kota. Iinilah yang menyebabkan lahan pertanian di Indonesia semakin berkurang dan laju urbanisasi yang meningkat maka dengan otomatis kepadatan penduduk di kota-kota besar meningkat. Dengan keahlian yang seadanya mereka akan sulit bersaing dan akhirnya mereka hanya menjadi pekerja kasar bahkan menjadi pengangguran.

Dengan adanya koperasi hal itu akan lain ceritanya bila para petani, nelayan dan peternak menjadi anggota koperasi maka di saat mereka butuh modal mereka akan mendapatkan pinjaman dari koprasi dengan bunga yang rendah dimana bunga tersebut juga akan dipergunakan untuk menambah modal koperasi yang manfaatnya akan kembali ke anggota pula. Hasil produksi mereka akan di kelola oleh koperasi sehingga para petani, nelayan dan peternak tidak perlu kesulitan mencari pembeli untuk membeli hasil produksi mereka. Koperasi akan membeli hasil produksi mereka dengan harga yang normal dan menampung semua hasil produksi mereka sehingga dapat disalurkan ke perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan hasil produksi mereka. Oleh sebab itu koperasi sangat penting untuk dikembangkan dan dipelihara keberadaannya bahkan bila perlu tidak hanya pada perekonomian tingkat dasar saja.

Dalam hal ini peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam mendukung dan memfasilitasi program-program yang di jalankan koperasi. Pemerintah juga diharapkan dapat mengontrol keberadaan dan perkembangan koperasi sehingga konsistensinya dapat terjaga dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Kembali pada permasalahan derasnya laju urbanisasi, dengan adanya koperasi dapat mengembalikan semangat dan keyakinan para petani, nelayan dan peternak untuk kembali ke desa untuk mengolah usahanya kembali. Dengan hal ini sebenarnya koperasi dapat dijadikan sebagai cara jitu untuk menekan laju urbanisasi yang selama ini menjadi salah satu masalah pemerintah yang sampai saat belum ada penyelesaiannya. Sayangnya pemerintah saat ini kurang memperhatikan perekonomian tingkat dasar padahal bila secara logika bila kita ingin membangun sebuah gedung besar maka kita harus membuat dasar yang kuat dulu agar dapat menopang fondasi yang besar. Mudah-mudahan dengan hal ini pemerintah dapat lebih memperhatikan nasib para pelaku ekonomi di tingkat dasar.

1 komentar:

AQUAMUTIARA ENTERPRISE mengatakan...

salam dari malaysia:

http://kelipenang-aquamutiara.blogspot.com/

Poskan Komentar

Copyright 2009 R471H Blogger. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy